Gaji Nunggak, Buruh pabrik Iphone ngamuk Ribuan Iphone di jarah dengan kerugian mencapai Rp. 843 miliar


indojobku.com– #techinfo  Apple inch adalah perusahaan dengan gengsi paling tinggi di dunia karena produknya selalu membuat dunia tercengang mulai dari segi fitur, teknologi, kualitas serta harganya yang selalu di atas rata-rata.

 

namun yang perlu kalian ketahui di di balik suksesnya produk iPhone di dunia gadget, ada kabar yang sangat buruk loh di perusahaan tersebut terkuak tentang praktek atasan yang kurang baik sehingga terjadi kerusuhan hingga ribuan Iphone produksi terbaru di jarah

 

jika kita ngomongin ke suksesan bukanlah rahasia umum jika Keuntungan yang di dapat dari Perushaan iphone itu sangatlah tinggi.

 

 

karena kita melihat dari segi peminat atas brand Apple ini juga dari segi harganya yang selalu di atas kompetitor lain.

 

jika kita melihat dari garis umum sebuah rumus modal dan laba atau keuntungan, mimin menemukan data akurat analisis teknologi dari TechInsights yang berhasil membongkar dan menganalisis setiap harga dari komponen Iphone X (tahun 2017).

 

dari riset bagian analisis teknologi dari TecjInsights tersebut di temukan total harga komponen Iphone X sekitar $357,5 jika di Rupiahkan maka kisaran Rp. 4,7 jutaan

 

namun produk Iphone X saat itu harganya sendiri RP. 13,5 Juta rupiah, nah dari data sederhana ini kita berfikir berapa puluh ribu Iphone X laku terjual di belahan dunia

 

 

itu hanya produk Iphone X saja loh ya, tidak termasuk iphone-iphone lainnya, mengingat juga pada tahun 2017 tersebut pertama kali smartphone dengan layar poni muncul di pasaran gadget dan booming sebelum semua perusahaan china mengcopy desainnya.

 

namun di luar keberhasilan itu iPhone di kenal sering menekan biaya produksi terutama di pabrik china dan di india

 

pasalnya baru-baru ini(india, sabtu 12/12/2020) ribuan buruh pegawai pabrik yang khusus untuk merakit komponen iphone melakukan aksi demo dan mogok kerja besar-besaran dan dari aksi tersebut menimbulkan kerusuhan yang luarbiasa di area pabrik.

 

Karena para pegawai tersebut samil teriak-teriak menanyakan gajinya yang tak kunjung di bayar oleh pihak perusahaan.

 

aksi ini terjadi tepatnya di pabrik perakitan iphone yang berada di bangalore, india.

tak kunjung di respon oleh pihak atasan di perusahaan mengakibatkan keadaan semakin memburuk, 

karena mungkin para buruh kesal sehingga melakukan pengrusakan alat-alat produksi di area operator dan kabar buruknya lagi para buruh dan pegawai melakukan penjarahan pada produk-produk iphone terbaru.

 

pihak perusahaan melaporkan ribuan produk iphone di jarah oleh karyawan wistron di dalam kerusuhan tersebut.

 

dari kejadian tersebut perusahaan iphone yang berada di india ini mengalami kerugian hingga 4.38 milliar rupee atau setara dengan RP. 843 miliar rupiah,

 

 karena penjarahan produk dan pengrusakan alat produksi yang berada di abrik tersebut.

source video  https://twitter.com/i/status/1337615298761912321

mimin menemukan momen unjuk rasa para buruh ini sempat di abadikan oleh salah satu pegawai iphone di pabrik wistron tersebut yang di unggah ke twitter.

 

kabar ini ini sungguh viral di dunia tren tren teknologi, namun pada hari senin kemarin (16, desember 2020) pihak apple mengklarifikasi bahwa pihaknya akan membahas kasus ini dengan pihak pengelola pabrik yang berada di india.

 

pihak apple juga menindak lanjuti terkait keterlambatan gaji kepada ribuan buruh dan pegawai dengan pernyataan sebgai berikut ” kami sudah mengirim Tim untuk melakukan beberapa penyelidikan intens atas unjuk rasa dan kerusuhan yang terjadi di wistorn india.

 

kami juga akan bekerja sama denga pihak kepolisian setempat untuk bersama-sama mengusut kasus ini hingga tuntas dan tidak ada pihak yag di rugikan antara pihak pegawai dan perusahaan. 

 

(imbuhnya, dari penyataan tim apple pada konfrensi pers di kantor apple pusat beberapa hari yang lalu).

Artikel Terkait:

 

 

 



1 thought on “Gaji Nunggak, Buruh pabrik Iphone ngamuk Ribuan Iphone di jarah dengan kerugian mencapai Rp. 843 miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 3 =